Thursday, January 28, 2016

Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung


Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung

Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung - Akhir-akhir ini masyarakat banyak yang memperbincangkan mengenai hijab, namun tahukah anda apa perbedaan antara hijab, jilbab, dan kerudung?. Sesungguhnya ketiga hal tersebut memiliki perbedaan, tetapi tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya. Untuk memperjelas perbedaan ketiga hal tersebut, berikut ini akan kami ulas Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung.

1.  HIJAB
Kata Hijab berasal dari bahasa arab yang artinya penghalang. Kata hijab biasanya digunakan oleh negara-negara arab untuk menunjuk pada kerudung yang dipakai oleh wanita muslim, istilah tersebut sering dipakai oleh negara-negara arab dan negara-negara barat. Namun secara keilmuan Islam, kata Hijab lebih tepat mengarah kepada tatacara seorang wanita dalam berpakaian yang sesuai dengan anjuran agama.

Beberapa orang mengatakan bahwa Jilbab itu termasuk Hijab, tetapi tidak semua Hijab itu termasuk Jilbab. Dari penjelasan sebelumnya bahwa dapat diketahui bahwa arti Hijab adalah penghalang, yang mana penghalang tersebut digunakan sebagai penutup aurat. Sehingga Hijab dapat diartikan sebagai sesuatu benda yang digunakan untuk menutupi aurat, terutama banyak digunakan oleh wanita muslim.

Pada Al-Qur'an telah dijelaskan bahwa Hijab artinya adalah penutup, yang dapat berupa kelambu, tirai, kain, papan pembatas, dan penutup yang lain. Sehingga Jilbab adalah salah satu Hijab yang digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi auratnya, sesuai dengan anjuran dan tuntunan agama Islam.

Sedangkan di Indonesia kata Hijab lebih diartikan sebagai tatacara seorang wanita dalam menutup kepala dan rambutnya, yang salah satunya adalah dengan menggunakan Jilbab, sehingga sekarang ini banyak bermunculan bermacam-macam gaya dalam berhijab.

2.  JILBAB
Kata Jilbab berasal dari bahasa arab yang memiliki makna busana atau pakaian yang dipakai seorang wanita muslim untuk menutupi seluruh badan dan auratnya. Penggunaan pakaian untuk wanita muslim tentu saja harus sesuai dengan anjuran agama Islam, dan tatacara tersebut termasuk dalam arti kata Hijab yang sebelumnya telah dijelaskan.

Dalam pengertian lain, Jilbab adalah pakaian longgar (tidak ketat) dan dikenakan keseluruh bagian tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki, dan tidak membentuk lekuk tubuh. Hal tersebut dijelaskan pula dalam Al-Qur'an dalam surat Al-Ahzab ayat 59, yang artinya "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka...".

Secara terminologi, bahwa Jilbab memiliki arti selendang atau pakaian yang digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi bagian kepala, rambut, dada, dan bagian belakang tubuhnya.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Jilbab adalah pakaian yang longgar, lebar, dan tidak ketat yang digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi seluruh auratnya, sesuai dengan anjuran dan tuntunan agama Islam.

3.  KERUDUNG
Istilah kerudung lebih mirip dengan Khimar, yang mana Khimar adalah pakaian atau kain yang digunakan oleh wanita muslim sebagai penutup kepala, leher, hingga menutupi dada. Sedangkan kerudung ini adalah pakaian atau kain yang digunakan untuk menutup kepala saja, sehingga kerudung ini tidak dianjurkan dalam Islam. 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kerudung dilarang dalam Islam, krena desain kerudung hanya menutup kepala saja tidak menutup bagian leher dan dada, sehingga bentuk lekuk leher dan dada masih terlihat.

Demikian sahabat Inspirate, penjelasan tentang perbedaan Hijab, Jilbab dan Kerudung. Sebagai seorang wanita muslim, berpakaianlah yang sopan sesuai tuntutan agama Islam, sehingga dari busana yang dikenakan akan menjadikan seorang wanita menjadi terhormat di hadapan Allah maupun pada sesama manusia.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com