Wednesday, December 30, 2015

7 Tips Cara Belajar Efektif, Efisien dan Menyenangkan



7 Tips Cara Belajar Efektif, Efisien dan Menyenangkan


Tips Cara Belajar Efektif, Efisien dan Menyenangkan - Belajar memang merupakan hal wajib bagi setiap orang, bahkan terdapat pepatah yang mengatakan "Belajarlah Sampai ke Negeri Cina", hal tersebut menunjukkan bahwa kita dituntut untuk selalu belajar dan mencari ilmu bahkan hingga ke tempat-tempat yang jauh, tentu saja dalam hal ini kita belajar mengenai sesuatu yang baik-baik.

Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam belajar, namun tidak sedikit dari kita yang mengeluhkan bagaimana cara belajar efektif, efisien dan menyenangkan, sehingga hal yang mereka pelajari bisa tertangkap oleh otak dan mudah diingat. Banyak hal yang dapat membantu kita dalam menciptakan cara belajar efektif, efisien dan menyenangkan, diantaranya adalah seperti yang akan diulas dalam artikel ini.

1.  Buatlah catatan
Mencatat adalah aktivitas meringkas dengan menulis poin-poin utama dari apa yang disampaikan oleh pengajar. Dalam mencatat biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa kita sendiri, sehingga nantinya kita akan dapat dengan mudah mengingat dan memahami dari apa yang disampaikan. Selain itu dalam mencatat harus dilakukan dengan cepat, karena kita tidak ingin ketinggalan poin-poin penting yang disampaikan oleh pengajar. Apapun yang dapat kita catat maka tulislah dalam buku kita, karena dengan mencatat berarti kita mendengarkan apa yang disampaikan dan akan menjadi memori dalam otak kita.


2.  Atur waktu belajar
Jadwal belajar diperlukan agar proses belajar menjadi lebih terjadwal dan kita bisa menentukan tujuan-tujuan yang akan dicapai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. Tidak perlu belajar dengan waktu yang lama dan memaksakan diri untuk terus-terusan belajar berjam-jam yang hal tersebut justru akan membuat kita semakin kurang berkonsentrasi, tetapi yang perlu dilakukan adalah belajarlah dengan rutin. Karena mestipun hanya belajar 1 jam tetapi jika itu dilakukan dengan rutin setiap hari, maka apa yang dipelajari akan lebih mudah diingat.


3.  Buat kelompok belajar
Ketika kita kurang bisa memahami dan menguasai suatu pelajaran, kita bisa mencoba untuk belajar dengan berkelompok bersama teman-teman. Dengan membuat kelompok belajar akan lebih banyak yang dibagikan dan lebih mudah memahami pelajaran jika bersama-sama. Selain itu kita bisa saling berdiskusi dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuat suasana belajar semakin seru dan akhirnya apa yang dijadikan bahan diskusi mudah diingat.


4.  Ciptakan suasana yang nyaman
Suasana dan tempat yang nyaman tentu akan sangat berpengaruh terhadap kondisi belajar kita. Karena itu dalam belajar carilah tempat dan suasana yang kamu sukai, bisa dalam kamar, di depan rumah, di taman, atau di perpustakaan. Dengan tempat yang nyaman tentu akan mempengaruhi suasana hati dan pikiran kita dalam belajar, yang tentunya akan semakinmembuat kita mudah memahami pelajaran. 


5.  Buatlah gambar
Belajar tidak hanya dengan membaca dan menulis tetapi juga bisa dengan cara menggambar. Metode belajar dengan menggambar ini akan lebih mudah kita hafal dan kita pahami. Saya pun biasanya juga sering belajar dengan menggambar, yaitu dengan cara membuat gambar-gambar dari apa yang menjadi poin-poin dalam pelajaran. Kemudian mencermati gambar-gambar tersebut yang akhirnya akan di inget otak kita.


6.  Pahamilah materi
Metode belajar dengan menghafal sudah umum dilakukan, memang dengan menghafal kita bisa mendapatkan nilai yang bagus saat ujian. Tetapi terkadang dengan menghafal kita hanya sebatas hafal saja dan tidak memahami makna yang terdapat dalam kalimat-kalimat tersebut, yang akhirnya kita hanya sebatas hafal tetapi tidak paham maksudnya. Karena itu selain menghafal yang lebih utama adalah memahami maksud dari materi tersebut, sekali kita mengerti maksudnya maka selamanya kita akan mengerti materi tersebut, tetapi jika hanya sebatas hafal, mungkin beberapa bulan kedepan kita sudah lupa dan tidak hafal lagi materi tersebut.


7.  Buat tanda pada bagian penting
Tips yang terakhir untuk Cara Belajar Efektif, Efisien dan Menyenangkan adalah dengan membuat tanda pada bagian yang penting. Ketika kita membuat sebuah materi, kita cermati setiap kalimatnya dan berikan tanda pada kalimat-kalimat yang menjadi pokok bahasan atau menjadi hal yang penting. Sehingga dengan penandaan tersebut kita akan dapat dnegan mudah menemukan bagian-bagian yang terpenting dalam materi yang sebelumya pernah kita baca.

7 Tips Cara Belajar Efektif, Efisien dan Menyenangkan adalah sebagaian dari sekian  banyak metode dan cara-cara dalam membuat kita lebih mudah dalam memahami dan mengingat suatu materi. Jangan pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu, karena ilmu tidak akan pernah ada habisnya. 




0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com