Sunday, December 20, 2015

Cara Merawat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama


Cara Merawat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Awet dan Tahap Lama -  Baterai adalah komponen penting dalam sebuah laptop, karena baterai merupakan sumberdaya listrik yang ada pada laptop. Tanpa daya listrik laptop tidak akan bisa menyala dan tidak dapat digunakan. Laptop merupakan komputer portable yang bisa dibawa kemana-mana tanpa mencolokkan ke listrik secara langsung, karena laptop telah menggunakan baterai sebagai sumber listriknya. 

Namun ketika baterai laptop telah rusak atau sudah tidak mampu menyimpan daya listrik, maka laptop tersebut tidak beda halnya dengan komputer karena harus dicolokkan secara langsung ke listrik untuk dapat digunakan. Oleh karena itu cara kita merawat laptop terutama merawat baterai akan sangat menentukan daya tahan baterai laptop anda. Diperlukan cara perawatan yang baik dan benar agar baterai laptop awet dan tahan lama.

Tidak sedikit orang yang sering mengabaikan cara-caara dalam perawatan laptop, yang akhirnya berujung pada ketahanan laptop. Dalam perawatan baterai tidak lah susah, hanya saja anda harus konsisten agar baterai laptop awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa tips merawat bateerai laptop.

1.  Cara mengecas laptop yang baik
Proses mengecas laptop akan sangat menentukan ketahanan baterai laptop. Usahakan pada saat baterai laptop sudah pada tingkat 20-15% segera lakukan pengecasan, jangan sampai baterai sudah menunjukkan indikator low baru kemudian di ces. Apalagi membiarkan baterai low tetapi masih dipaksa untuk bekerja tanpa dicas, hal ini akan mengakibatkan daya tahan baterai turun dan kemudian akan mati saat baterai telah habis.

Pada saat dilakukan pengecasan sebisa mungkin jangan gunakan laptop, tetapi jika memang keadaanya darurat tunggu sampai baterai sudah terisi sekitar 30 menit kemudian bisa dinyalakan laptopnya. Selain itu pada proses pengecesahan lakukan pengecasan sampai baterai full dan setelah full langsung cabut casnya. Jangan sampai membiarkan baterai full tp cas masih tertancap, ini akan mengakibatkan daya tahan baterai juga menurun.

Selain itu pada saat pengecasan juga jangan terlalu sering melakukan pengecasan ketika baterai masih di atas 20%, hal ini akan membuat sistem membaca bahwa baterai dalam keadaan tersebut sudah dalam kondisi low. Ini bisa mengakibatkan ketika baterai dalam kondisi masih di atas 20% laptop mati secara tiba-tiba. Kemudia jangan terlalu sering juga mencabut cas ketika baterai masih belum full, hal ini bisa berakibat baterai tidak bisa lagi mencapai tingkat optimal. Dengan melakukan proses pengecasan yang baik maka baterai laptop akan awet dan tahan lama.


2.  Saat Pemakaian laptop
Cara yang kedua untuk merawat baterai laptop awet dan tahan lama adalah pada saat pemakaian laptop. Ketika menggunakan laptop atur kecerahan layar pada tingkat rendah, hal ini akan mengurangi daya pemakaian baterai, sehingga baterai akan lebih lama masanya.

Selain itu pada saat menggunakan laptop, atur posisi laptop di atas bidang datar dan atur sirkulasi udara laptop. Bidang datar akan lebih membuat sirkulasi uara laptop lebih lancar dan dengan sirkulasi yang lancar laptop tidak akan cepat panas sehingga baterai akan lebih dingin dan tahan lama.


3.  Jangan terlalu sering mencopot baterai
Mencopot baterai laptop itu dibolehkan, tetapi jika terlalu sering bisa mengakibatkan komponen pada baterai laptop rawan rusak. Kebiasaan mencopot baterai saat menggunakan laptop dan menghubungkan laptop langsung ke listrik tanpa baterai sebaiknya dihindari, memang hal tersebut bisa membuat bateerai laptop awet tetapi dengan arus listrik yang tidak stabil akan langsung berakibat pada motherboard laptop anda akan cepat rusak. Jadi dengan menghindari kebiasaan mencopot baterai terlalu sering, maka baterai laptop akan lebih awet dan tahan lama.


4.  Tutup aplikasi yang tidak diperlukan
Semakin banyak aplikasi yang berjalan pada laptop tentu akan memakkan banyak memori laptop dan semakin banyak memori yang digunakan maka daya baterai yang digunakan akan semakin banyak. Karena itu jika ada aplikasi yang tidak diperlukan maka tutuplah aplikasi tersebut supaya tidak memenuhi memori laptop, bukalah saat benar-benar akan menggunakan aplikasi tersebut. Dengan sedikit memori yang digunakan tidak hanya kinerja laptop akan menjadi cepat tetapi baterai laptop juga akan lebih awet.


Sampai disini dulu penjelasan kami, semoga bisa memberi inspirasi dan wawasan bagi kita semua, terutama untuk merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com