Saturday, December 19, 2015

Cara Mudah Hemat Baterai Android

Cara Mudah Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi





Cara Mudah Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi. Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan utama hampir semua orang, fungsi dari Handphone sangat berguna sebagai alat komunikasi yang menghubungkan antar orang. Perkembangan Handphone semakian mengalami peningkatan, saat ini eranya Handphone jenis smartphone yang salah satunya adalah android. Berbagai macam jenis dan merk smartphone android banyak beredar di pasaran.

Hal paling utama yang dibutuhkan adalah kinerja smartphone android, namun terkadang yang sering membuat kita kesal adalah smartphone kita tidak memiliki daya tahan baterai yang cukup tinggi, sehingga kita harus berulang kali men-charger smartphone tersebut. Berbagai aplikasi kita pasang untuk bisa menghemat baterai android, namun terkadang tetap saja kurang efektif dalam menghemat baterai android. Berikut ini kami ulas 5 cara mudah hemat baterai android tanpa menggunakan aplikasi.

1.  Minimalkan tingkat kecerahan layar
Tingkat kecerahan layar sangat berpengaruh terhadap daya pemakaian baterai android, karena semakin tinggi tingkat kecerahannnya maka akan semakian memakan banyak daya baterai. Untuk menghemat daya tahan baterai sebaiknya gunakan tingkat kecerahan ayar dibawah 30%. Berikut ini cara yang digunakan kebanyakan android dalam mengatur tingkat kecerahan layar.
  • Tekan tombol HOME
  • Pilih MENU
  • Kemudian pilih pengaturan
  • Pilih Tampilan
  • Selanjutnya pilih Kecerahan dan hilangkan tanda centang apabila tingkat kecerahan sebelumnya diatur otomatis
  • Atur sesuai keingin anda, usahakan dibawah 30%
Kecerahan layar



2.  Hapus (Uninstall) aplikasi yang tidak diperlukan
Cara yang kedua untuk menghemat baterai android adalah dengan menghapus beberapa apilkasi yang sudah tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang anda gunakan, maka semakin besar pula daya baterai akan terserap. Dengan menghapus/uninstall aplikasi yang sudah tidak diperlukan, tidak hanya dapat menghemat baterai tetapi juga mampu menghemat penggunaan RAM dan kapasitas penyimpanan handphone android. Selain itu kinerja handphone android akan semakin ringan dan cepat. 

Untuk menghapus aplikasi bisa masuk pada menu pengaturan - aplikasi - dan pilih aplikasi yang akan dihapus/copot pemasangan.

Hapus/Uninstall aplikasi

3.  Matikan nada dan getar pemberitahuan
Cara ketiga adalah dengan melakukan pengaturan pada nada dan getar handphone. Untuk mendapatkan daya baterai yang optimal lebih banyak pengaturan nada pada tingkat volume rendah dan matikan getar, tetapi jika ingin lebih optimal lagi anda bisa mematikan nada dan getar handphone android. Dengan begitu daya penggunaan handphone akan semakin irit dan baterai handphone android semakin hemat.

Untuk mematikan nada dan getar anda bisa masuk menu pengaturan dan pilih suara (sound). Disitu anda bisa mengatur tinggi rendahnya volume nada dan aktif tidaknya getar handphone.

Pengaturan nada

4.  Non-aktifkan penggunaan aplikasi dengan paket data
Diantara aplikasi-aplikasi yang banyak memakan daya baterai, ada beberapa aplikasi yang tingkat konsumsi baterainya tinggi. Diantaranya adalah Wifi, Bluetooth, GPS dan Paket data. Untuk mendapatkan daya baterai yang optimal maka matikan aplikasi-aplikasi tersebut atau aktifkan aplikasi tersebut saat-saat dibutuhkan saja. Karena keempat aplikasi tersebut sangat tinggi penggunaan daya baterainya, dengan mematikan sementara aplikasi tersebut baterai android akan lebih hemat.

Pengaturan koneksi


5.  Matikan fitur sinkronisasi (Auto-Sync)
Selain keempat cara diatas, masih ada satu cara lagi untuk menghemat baterai handphone android, yaitu dengan mematikan pengaturan sinkronisasi. Fitur sinkronisasi (Auto-Sync) adalah fitur yang akan selalu memperbarui data-data pada handphone android, seperti mengperbarui kontak handphone. Fitur ini cukup memakan baterai karena saat bekerja akan banyak memakan memori handphone. Untuk mematikan fitur sinkronisasi (Auto-Sync) bisa menggunakan cara berikut :
  • Masuk MENU utama handphone
  • Pilih pengaturan
  • Pilih “Akun & Sinkronisasi” (Accounts & Sync)
  • Hilangkan tanda centang pada Auto-Sync


Pengaturan sinkronisasi

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com