Friday, December 18, 2015

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Depan Umum

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Depan Umum




Meningkatkan kepercayaan diri dan membangun rasa percaya diri di depan umum sering menjadi masalah kebanyakan orang. Mereka sering merasa gugup saat akan tampil dan berbicara di depan orang banyak, terlebih lagi pada saat anda sedang presentasi ketika sidang skripsi atau presentasi program kerja. Tentu anda akan di tuntut tampil dengan sempurna, karena kesempurnaan presentasi anda akan menjadi penilaian bagi anda. 

Setiap orang memiliki karakter dan tipe yang berbeda-beda. Ada orang yang sejak terlahir memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, tetapi ada pula orang yang susah dalam membangun rasa percaya diri. Karena hal itulah diperlukan kiat-kiat dan cara-cara agar rasa percaya diri itu bisa hadir dalam diri anda, sehingga anda tidak lagi takut berhadapan dengan orang banyak.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa gugup dan stres itu, agar anda bisa tampil percaya diri di depan umum. Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda.

1.  Fokuskan mata anda dengan lawan bicara
Tips yang pertama adalah dengan menatap lawan bicara anda. Sebisa mungkin tataplah mata lawan bicara anda dan semua hadirin yang ada dalam ruangan tersebut. Ketika orang tersebut membalas dengan senyuman, maka senyuman itu akan bisa menjadi motivasi dan semangat bagi anda untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.

Melakukan kontak mata secara langsung bisa lebih efektif dari pada anda mengalihkan pandangan anda atapun menunduk. Dengan melakukan kontak secara langsung akan mampu menghilangkan rasa gugup, ketegangan, dan stres yang sedang anda alami. Dengan tatapan itu ada akan jauh lebih tenang dalam berbicara di depan orang banyak.


2.  Gunakan Senyuman
Senyum adalah hal yang paling mudah dan murah tetapi sangat berarti indah. Ketika anda sedang merasa gugup dan stres, anda bisa mencoba dengan senyum. Tersenyum akan membantu anda menenangkan diri anda dan membangun rasa percaya diri anda kembali. Senyuman akan membuat anda semakin nyaman dan berpikiran positif.


3.  Jangan takut melakukan kesalahan
Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tidak ada seorangpun yang tidak pernah tidak melakukan kesalahan. Begitu juga ketika anda sedang berbicara di depan orang banyak, kesalahan saat berbicara atau tingkah laku itu sangat lazim terjadi. Namun yang harus diperhatikan adalah ketika melakukan kesalahan anda harus tetap tenang dan tetap mengontrol diri anda. Anda bisa mengalihkan pembicaraan untuk menutupi kesalahan yang baru saja terjadi, bisa membuat sedikit lelucon yang akan membuat semua orang tersenyum. Dengan begitu anda akan mampu bangkit lagi dan tidak terpengaruh atas kesalahan yang terjadi dan anda pun akan tetap tampil percaya diri di depan umum.


4.  Tampil dengan serapi mungkin
Penampilan juga merupakan salah satu kkunci kesuksesan anda dalam berbicara di depan umum. Dengan berpenampilan rapi akan menimbulkan kesan yang baik dan aura yang positif pada diri anda. Selain itu penampilan juga menjadi barometer sejauh mana persiapan anda. Penampilan yang rapi akan membuat semua orang yang hadir memberikan kesan yang positif pada anda. Hal tersebut akan sangat penting, karena dengan begitu anda akan bisa tampil dengan nyaman dan penuh percaya diri menghadapi orang banyak.

5.  Selalu berpikiran positif
Pikiran positif akan banyak memberikan manfaat bagi anda. Yakinkan dalam diri anda bahwa anda bisa dan mampu melewati semuanya serta mampu menjadi yang terbaik. Tekad yang kuat akan membuat diri anda semakin termotivasi untuk percaya diri. Buang jauh-jauh rasa ketakutan anda, dan yang ada hanyalah rasa semangat dan percaya diri untuk terus maju, dengan begitu anda akan dengan lebih baik serta lebih percaya diri terhadap diri anda.


6.  Bernafaslah dengan tenang
Kebanyakan orang yang merasa gugup akan berbicara dengan nada naik turun dan gemetar.Untuk mengatasi hal itu, aturlah nafas dengan tenang. Pernafasan yang baik akan membantu adan semakin rileks dan mengurangi stres. Perlahan-lahan anda akan mampu mengendalikan situasi dan penampilan anda akan menjadi lebih baik.


7.  Berbicaralah dengan jelas dan perlahan
Terkadang orang yang gugup akan berbicara dengan putus-putus dan tergesa-gesa, akhirnya apa yang ingin diungkapkannya tidak bisa ditangkap dengan baik oleh orang lain. Cobalah berbicara dengan lebih jelas dan atur nafas anda, bicaralah dengan perlahan-lahan tidak perlu tergesa-gesa. Dengan begitu maka maksud yang ingin anda sampaikan akan mudah ditangkap dan penampilan anda menjadi baik. 


8.  Selalu awali dengan salam dan berdoa
Tips yang terakhir untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mengawali pembicaraan dengan salam dan berdoa. Sebelum anda memulai tampil, lebih baik anda berdoa terlebih dahulu, memohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan kelancaran dalam penampilan anda. Berdoa akan membuat anda merasa tenang, karena dengan berdoa anda menjadi yakin bahwa Tuhan akan selalu membantu hambanya dalam melakukan kebaikan.

Setelah berdoa, kemudian selalu awali presentasi anda dengan mengucapkan salam atau sapaan. Hal ini akan membantu anda untuk memulai pembicaraan dan menunjukkan rasa hormat anda kepada orang lain. Dengan berdoa dan salam anda akan merasa lebih siap untuk tampil dengan percaya diri di depan umum.

 

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com