Friday, December 11, 2015

Hati-hati yang Suka Tidur, Kenali Resikonya


Hati-hati yang Suka Tidur, Kenali Resikonya


Resiko Terlalu Banyak Tidur !!!

Inspiratenews - Setiap makhluk hidup, terutama manusia pasti memerlukan tidur sebagai wujud untuk meng-istirahatkan tubuh dari segala aktivitas. Kekurangan tidur akan memicu keletihan saat beraktivitas dan kurang optimal, karena itu umumnya kuantitas tidur orang normal adalah 8 jam perhari.

Namun tau kah anda terlalu banyak juga tidak baik untuk kita ?. Banyak resiko yang akan terjadi berikut 7 resiko terlalu banyak tidur.

1.  Meningkatkan Depresi
Pada sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa tidur melebihi 8 jam bisa meningkatkan depresi sekitar 30%, sedangkan tidur lebih dari 9 jam perhari beresiko meningkatkan depresi 50%. 

2.  Merusak Otak 
Sebuah penelitian di tahu 2012 mengungkapkan bahwa tidur dengan melebihi kewajaran (8 jam perhari) akan berkaitan dengan kesehatan otak selain itu juga akan mengakibatkan proses penuaan yang semakin cepat.

3.  Menambah Berat Badan
Proses tidur lebih dari delapan jam perhari sangat berpotensi menambah berat badan sebanyak 5 kg. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka resiko menambahnya berat badan akan semakin tinggi.

4.  Meningkatkan Resiko Sakit Jantung
Dilakukan sebuah penelitian kepada 3000 orang tentang kebiasaan tidurnya. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa mereka yang tidur terlalu banyak akan meningkatkan resiko terhadap penyakit jantung iskemia maupun jantung koroner.

5.  Meningkatkan Resiko Diabetes
Diabetes tidak hanya disebabkan oleh ketidak seimbangan glukosa dalam tubuh, proses tidur yang lebih dari 8 jam perhari ternyata meningkatkan resiko terkena diabetes dua kali lipat dari orang normal, namun hal tersebut juga tergantung pada keseimbangan glukosa dalam tubuh.

6.  Mengurangi Peluang Hamil
Pada sebuah penelitian di Korea dengan melakukan analisa kebiasaan tidur dari 650 wanita yang menjalani bayi tabung. Hampir dari semua wanita tersebut memiliki kebiasaan tidur lebih dari 9 jam perharinya. Meskipun demikian, belum dapat dipastikan hubungan antara kebiasaan tidur yang lama dengan kehamilan.

7.  Meningkatkan Resiko Kematian
Resiko yang paling menakutkan adalah meningkatkan resiko kematian. Sebuah peneliti pada tahun 2010 menemukan bahwa tidur melebihi 9 jam perhari mampu meningkatkan resiko kematian. Kemungkinannya sekitar 1,3 kali lipat lebih besar dari angka kematian 1.382.999 orang yang telah diteliti.

Tidur memang meruapakan kebutuhan hidup dan kebutuhan tubuh, proses tidur antara 7-8 dan dengan posisi tidur yang tepat akan mampu menjaga kesehatan tubuh dan pengoptimalkan kinerja otak. Karena itu jagalah tidur kita agar kualitas hidup kita semakin baik.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com